Saturday 4 August 2012

Manchester United Akan Raup Rp5 Triliun dari Chevrolet

Logo Chevrolet dan Manchester UnitedDi bawah perjanjian sponsor ini, logo Chevrolet akan dicantumkan di kaos tim mulai 2014.

Kesepakatan sponsor antara Manchester United Ltd. dan Chevrolet, merk mobil di bawah induk perusahaan General Motors Co. (GM), akan menghasilkan pendapatan hingga US$559 juta (Rp5,3 triliun) bagi klub sepakbola terkemuka Inggris itu sampai tahun 2021 nanti.

 
Di bawah perjanjian sponsor ini, logo Chevrolet akan dicantumkan di kaos tim mulai 2014.

Sebagai bagian dari kesepakatan, GM akan membayar
fee $18,6 juta di tiap musim, dimulai tahun ini dan seterusnya, seperti dilaporkan Bloomberg.

Kemudian bayaran pokoknya, GM akan memberi $70 juta di 2014, dan tahun-tahun berikutnya bayaran itu naik 2,1 persen tiap musim.


Nigel Currie, direktur pelaksana lembaga penasihat pemasaran BrandRapport di Inggris, menyebut kesepakatan GM dan Manchester United itu sebagai yang termahal di sepakbola.


Currie sebelumnya membantu perundingan kontrak sponsor kaos Manchester United dengan Vodafone Group.


"Ini luar biasa, tak bisa dipercaya," kata Currie tentang kesepakatan GM-MU tersebut.


Kontrak sponsor kaos Manchester United dengan Aon Corp. berakhir tahun 2013. Kontrak Aon ini bernilai sekitar 80 juta poundsterling (Rp1,2 triliun) selama empat musim.


Kesepakatan Manchester United ini diraih saat tim sepakbola tersebut berupaya melakukan penawaran saham perdana di Amerika Serikat guna mendapatkan dana segar $333 juta.


Perusahaan itu dan pemegang sahamnya, keluarga Glazer, menawarkan 16,7 juta saham seharga $16 sampai $20 per lembar. Jadwal penetapan harga saham mereka adalah 9 Agustus 2012.


Selain Manchester United, Chevrolet juga
menggandeng klub Premier League lainnya, Liverpool, dalam kerjasama sponsor, namun nilai kontraknya belum dijelaskan.

No comments:

Linkss