Sunday, 17 October 2010

Gambaran Macam - Macam Neraka Berdasarkan Agama Tertentu

Dari kecil kita semua diajarkan untuk berbuat baik oleh orang tua kita. Dengan tujuan agar kehidupan yang kita lalui dapat berjalan lancar. Atau oran tua kita dulu waktu kita masih kecil sering berkata, "Kalau nakal nanti masuk neraka lho..". Mungkin kata - kata itu menakutkan bagi kita kala itu. Akan tetapi, memang benar adanya jika semua manusia pendosa atau banyak yang berbuat dosa akan masuk neraka.

Di neraka manusia - manusia itu akan disiksa, disakiti, meminum nanah dari tubuhnya sendiri yang terkena api neraka, ditusuk ribuan pedang setiap detiknya, dipenggal kepalanya, dipotong tangan kakinya berulang kali. Sadis bukan, tapi apakah Tuhan sesadis dan sekejam itu. Yang kita tahu Tuhan adalah Maha Pemaaf, setiap umatnya yang berbuat dosa sebesar apapun akan dimaafkan. Asalkan manusia mau benar - benar bertobat dan tidak mengulang kesalahannya lagi.

Disini saya akan memaparkan bagaimana gambaran neraka berdasarkan 7 agama yang berbeda. Silahkan disimak :

1. Agama Kristen
Dimana manusia di neraka menurut agama Kristen akan dibakar oleh api abadi untuk selama - lamanya dan tidak akan pernah ada habisnya. Tubuh manusia itu akan meleleh, bernanah dan akan menyebabkan rasa sakit yang tidak tertahankan. Namun, itu akan seperti siklus. Dimasudkan tubuh kita akan utuh kembali dan terbakar lagi. Semua akan terus berulang - ulang selamanya. Itulah hukuman bagi orang pendosa.


2. Agama Jain
Ini adalah agama asli orang India. Disini menurut agama ini terdapat 8juta jenis neraka. Jadi, dari mulai penyiksaan manusia dengan api, ada juga yang direbus hidup- hidup atau didiamkan saja tidak ada apa - apa. Mungkin seluruh penyiksaan di neraka menurut agama - agama lin ada di neraka menurut Agama Jain ini.

3. Agama Islam
Ditulis di dalam Al - Qur 'an bahwa manusia setelah melewati alam kubur akan sibarengkan semua di dalam satu alam yaitu alam kematian. Dimana semua manusia yang telah mati dikumpulkan. Satu persatu dari manusia itu akan melewati jembatan yang disebut Jembatan Sirathal Mustaqim. Lebar jembatan yang dilewati setiap manusia berbeda, tergantung dari dosa atau pahala kah yang banyak dia lakukan. Jika jatuh dari jembatan itu manusia akan terjun bebeas ke bawah dan di bawah sudah menanti neraka yang siap menampung manusia - manusia pendosa. Dan yang paling banyak dosanya akan masuk ke neraka yang paling bawah yaitu Neraka Jahannam.

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” — At-Tahrim [66]:6

4. Agama Hindu
Pada akhirnya setiap manusia akan mengalami reinkarnasi, dia akan kembali hidup di bumi tetapi dalam wujud tubuh manusia lain atau hewan. Akan tetapi sebelum reinkarnasi, manusia harus lebih dulu melewati hukuman neraka dari 21 macam jenisnya. Sya coba cari apa itu jenis - jenis hukumannya sampai sekarang belum saya temukan. Mungkin dari pembaca ada yang mengetahuinya bisa sharing. Tulis saja di post komentar di bawah. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

5. Agama Budha
Menurut agama ini terdapat 15 jenis neraka, 7 diantaranya adalah neraka api. Dimana di dalam neraka ini manusia diikat dan disiksa dengan cara dipotong lehernya, ditusuk dan disayat - sayat tubuhnya oleh syetan - syetan disana.

6. Agama Taoisme
Percaya bahwa neraka sebenarnya ada di dalam kuil itu sendiri, tapi di sana ada iblis-iblis yang siap menerkam para manusia pendosa dengan senjata tajam. Dan tubuh manusia dibelah - belah samapai berkeping - keping. Sepertinya di dalam kuil terdapat dunia yang berbeda.

7. Agama Judaisme
Ini adalah agamanya orang - orang Yahudi Ortodox, yang mana mereka percaya di dalam neraka manusia akan direbus hidup - hidup dan dikuliti tubuhnya. Dapat dibayangkan bagaimana sakitnya.
Jadi, kita sebagai manusia yang beriman sepatutnya menjalankan hal - hal yang baik dan tidak dilarang oleh agama kita masing- masing. Semoga penjelasan saya di atas dapat berguna dan bermanfaat bagi kita semua.

No comments:

Linkss