Thursday 21 October 2010

Warga Padang Dikagetkan Fenomena Halo Matahari

Warga Padang Dikagetkan Fenomena Halo Matahari
ANTARA/Iggoy el Fitra/rn


















PADANG--MICOM:Warga Kota Padang, Sumatera Barat, dikagetkan dengan terjadinya fonomena pelangi yang mengelilingi matahari yang biasa disebut Halo Mahatari, Kamis (21/10) pkl 10:00 WIB. 

Halo matahari tampak dilangit Kota Padang, sejak pukul 10:00 WIB, peristiwa langka masih bisa dinikmati warga. Lingkarang pelangi tampak sangat lebar mengelilingi mahatari. Bahkan kalangan anggota DPRD yang baru saja menggelar rapat dengan kepala Dinas dilingkungan Kota Padang ikut menyaksikan. 

"Ketika mau menjemput anak pulang sekolah, tiba-tiba secara tak sengaja melihat ke arah langit, ternyata matahari dikelilingi pelangi," kata Budi warga Sawahan, di Padang, Kamis (21/10). Menurutnya, banyak orang yang menyempatkan diri untuk melihat apa yang terjadi di langit Kota Padang. 

"Bahkan, sebagian warga Kota Padang tampak berkerumun untuk menonton bersama ada juga yang mengambil foto,"katanya. Dia menambahkan, selama hidupnya baru kali ini melihat ada lingkaran pelangi yang mengelilingi mahatari. "Untuk itulah mengambil gambar yang sangat langka di langit Kota Padang, ini baru pertama kali dilihat,"katanya. 

Anggota DPRD Padang dari Fraksi PKS, Pung Ardi, ketika rapat ke luar dan langsung menatap Ke arah matahari melihat fenomena alam yang terjadi. 

"Tadi saya diberitahu, katanya ada matahari bercincin, ternyata memang benar," kata Pung Ardi. Dia menambahkan, ini merupakan kehendak Allah SWT penguasa alam semesta, jadi tidak perlu dibesar-besarkan menjadi isu yang macam-macam. "Jangan cemas apa yang terjadi pada hari ini (Kamis), merupakan fonomena alam yakni halo matahari,"katanya. 

Tempat terpisah, Ketua Ahli Geologi Sumbar, Ade Edwar, mengatakan terjadi di langit Kota Padang adalah halo matahari. Lingkaran pelangi yang mengeliling matahari di sebut halo matahari yang terjadi di langit Kota Padang," katanya. Dia menambahkan, halo matahari yang terjadi pada langit Kota Padang bisa terjadi sekitar Bulan pada malam hari. 

"Fenomena halo ini disebabkan pembiasan cahaya mahatari oleh uap air di atmosfir sehingga terlihat seperti pelangi,"katanya. Dia menghimbau, warga Kota Padang jangan terpancing dengan isu-isu yang tidak bertanggung jawab, terjadi pada hari ini (Kamis) adalah halo matahari dilangit Kota Padang. (Ant/rn/OL-4) 

No comments:

Linkss