Monday, 18 February 2013

Inikah Spesifikasi GeForce Titan GTX 780?


Ilustrasi (Ist.)
Jakarta - Rumor kehadiran GeForce generasi terbaru makin santer terdengar. Konon, kartu grafis flagship terbaru Nvidia tersebut bakal diungkap ke publik sekitar minggu depan atau lebih tepatnya tanggal 18 Februari 2013.

Selain jadwal perilisan, laporan yang didapat dari sebuah situs asal Turki yakni Donanimhaber, juga secara detail memaparkan spesifikasi yang bakal diusung kartu grafis bertajuk Titan tersebut.

Dijelaskan, Titan akan berjalan pada kecepatan clock 875 MHz bukannya 1019 MHz yang sebelumnya disebutkan.

Selain itu Titan akan hadir dengan penggunaan kapasitas RAM yang terbilang sangat besar untuk ukuran sebuah kartu grafis yakni 6 GB. Sedangkan kecepatan yang diusung RAM berjenis GDDR5 tersebut diduga bakal berjalan pada 6008 MHz dengan interface 384 bit.

Hal lain yang diungkap adalah penggunaan core shader sebanyak 2688 core yang didukung oleh 48 ROP, dan 224 TMU. Yang mana untuk mengoperasikannya, Titan bakal menyedot daya sebesar 235 watt.

Untuk sistem pendinginan, Nvidia dikatakan bakal mengusung bahan alumunium alloy yang dikombinasikan dengan heatpipe yang berguna untuk mentransfer panas yang terjadi. Dengan begitu proses pendinginan yang dilakukan pun akan lebih merata.

Sementara pembuatannya diduga Nvidia bakal mempercayakannya pada Sapphire sebagai pemilik teknologi pendinginan kartu grafis Vapor-X. Padahal seperti diketahui, Sapphire merupakan partner terdekat Ati/AMD. Apakah ini berarti Sapphire bakal pindah kubu?

Yaang pasti, bila benar diluncurkan pada 18 Februari 2013 nanti, kemudian pada 24-26 Februari, Titan sudah dapat ditemukan di pasaran. Meski belum jelas, vendor ternama seperti Asus, EVGA, dan MSI diduga bakal jadi yang pertama yang memasarkannya.

Sedangkan harga yang ditawarkan disebut-sebut sekitar USD 899 atau Rp 8,6 jutaan, sedikit lebih murah dari dugaan sebelumnya yang dikatakan bakal berada pada kisaran USD 1.000 atau sekitar 9,6 jutaan.

sumber

No comments:

Linkss